Jujur yaa, sebenernya saya itu baru kenal sama photoshop itu awal tahun 2012. jadi bisa dibilang sekarang ini saya masih awam dan labil (?) soal dunia per-photoshop-an 😀 dan poster itu *nunjuk poster diatas* adalah poster yang saya buat pada waktu awal-awal saya mengenal photoshop. Pada saat itu saya cuma tahu PSD dan brushes. Itu juga PSD buatan orang, karena pada saat itu juga saya belum bisa buat PSD sendiri ;____; Jadi ya bisa dilihat di poster itu juga, bahwa posternya masih ala kadarnya.

Di poster itu, saya pake banyak brushes buat dijadiin background. Saya belum tahu kalau ada format gambar yang namanya PNG yang bisa digunakan dalam hal photoshop (buka aib sendiri T^T). Saya juga belum tahu tentang texture. Pokoknya pada waktu itu saya buta banget sama yang namanya photoshop.

Dan ketika itu saya berpikir, saya gak bisa seperti ini terus-menerus. Saya bertekad harus menguasai ilmu photoshop atau minimal bisa edit poster sendiri untuk FF yang saya buat. Karena niatan awal saya utak-atik photoshop itu karena saya pengen bisa buat poster FF—oke, saya tahu ini alasan yang aneh.

Karena itulah saya berinisiatif untuk googling cara-cara menggunakan photoshop. Mulai dari yang sederhana lalu meningkat ke tahap yang lebih sulit. Saya belajar semua itu secara otodidak dari internet—bener-bener berterima kasih buat siapa aja yang udah nemuin internet sama yang udah posting ilmu photoshopnya disana—karena saya juga gak tahu mau belajar sama siapa. Atau bisa dibilang saya juga males kalau harus ikut kursus-kursus semacam itu, karena utak-atik photoshop itu menyenangkan apalagi kalau kita berhasil menemukan hal-hal baru disana dengan hasil kerja kita sendiri 😀

Saya belajar sedikit demi sedikit; download PSD, PNG, sama texture; latihan edit-edit foto sendiri; sampai coba-coba bikin hal semacam PSD dan PNG sendiri. Sampai akhirnya sekarang saya bisa ngecrop gambar dengan hasil lumayan, buat PSD sendiri, bisa gunain item-item macam PNG texture, bahkan ngeblend gambar. Intinya, saya sudah sedikit lebih tahu tentang photoshop sekarang—tapi tetep aja ilmunya masih yang ilmu dasar 😀 Tapi saya tetap bangga dengan semua hal itu hehehe *ketawa puas*

Dan ini contoh poster yang baru-baru ini saya buat. Bandingkan dengan poster yang diatas. Apa kemampuan photoshop saya meningkat? Atau tidak? 😀

